BPKPAD Selenggarakan Ekspose Awal Penyusunan ASB Pemerintah Kota Banjarmasin Tahun 2025

BPKPAD Selenggarakan Ekspose Awal Penyusunan ASB Pemerintah Kota Banjarmasin Tahun 2025


Banjarmasin, 21/03/2024-BPKPAD

Dalam rangka persiapan Perencanaan dan Penganggaran Tahun 2025, maka BPKPAD yang telah bekerjasama dengan Tim Ahli dalam menyusun ASB menggelar ekspose Awal Penyusunan ASB Non Fisik dan ASB Fisik secara virtual dengan peserta dari seluruh SKPD Lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.

Ekspose dibuka oleh Kepala BPKPAD, H. Edy Wibowo, S.E., adapun dalam penyampaiannya beliau menekankan agar peserta ekspose dapat berpartisipasi aktif dengan memberikan pertanyaan, saran maupun masukan dalam rangka penyempurnaan ASB yang nantinya akan digunakan SKPD dalam tahap perencanaan dan penganggaran tahun 2025.

Tak lupa beliau juga menyampaikan manfaat penerapan ASB, antara lain: (1) Dapat mempermudah menentukan kewajaran belanja untuk melaksanakan suatu kegiatan sesuai dengan tupoksinya; (2) Meminimalisir terjadinya pengeluaran yang kurang jelas yang menyebabkan inefisiensi anggaran; (3) mempercepat penyusunan anggaran; (4) Penentuan anggaran berdasarkan pada tolak ukur kinerja yang jelas; dan (5) Penentuan besaran alokasi setiap kegiatan menjadi objektif.

Selanjutnya, Pelaksanaan Ekspose oleh Tim Ahli yang diketuai oleh Prof. Irwan Taufiq Ritonga, M.Bus., CA., Ph.D.  Dalam pemaparannya Tim Ahli menyampaikan mulai dari teknis pengumpulan data, metode analisa sampai dengan hasil awal ASB, dimana selanjutnya hasil awal tersebut dikonfirmasi oleh SKPD dengan batas waktu yang telah disepakati, untuk selanjutnya hasil konfirmasi tersebut dilakukan penyesuaian dan analisis final oleh Tim Ahli, sehingga harapannya ASB yang disusun relevan dengan kebutuhan SKPD.


Kegiatan Ekspose ditutup oleh Kepala Bidang Anggaran, Muhammad Ikhsan Lutfi, S.E., beliau menyampaikan informasi bahwa ASB menjadi salah satu indikator Penilaian MCP KPK, sehingga diharapkan SKPD dapat lebih tertib dalam penggunaan ASB, selain itu beliau berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini, seluruh peserta dapat berpatisipasi dalam mengawal peningkatan kualitas dan implementasi APBD Kota Banjarmasin agar berjalan sesuai peraturan perundang-undangan dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, efektif dan efesien sehingga belanja daerah yang dianggarkan dapat ikut mendorong pertumbuhan ekonomi dan dapat mengakomodir kepentingan masyarakat Kota Banjarmasin.

Auditor : Bid. Anggaran

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama